Kami merupakan Perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan yang menjual mineral HYDRO C di seluruh indonesia KAMI MENCARI AGEN DI SETIAP WILAYAH DI INDONESIA

Rabu, 25 Mei 2016

waww ternyata asam lambung bahaya!

Penyakit asam lambung atau  nama lainnya adalah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.
penyebab naiknya asam lambung atau GERD
Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.
Jika tidak LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung.penyebeb penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor kelebihan berat badan, keadaan hamil, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.
gejala yang dirasakan adalah sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.
Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan. Perawatan secara serius akan diperlukan jika gejala GERD di atas muncul secara terus-menerus.pengobatan penyakit asam lambung atau GERD
pengobatan penyakit asam lambung atau GERD
pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke menu makanan yang rendah lemak dan bergizi. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan.
Jika langkah pengobatan yang sudah dijalani masih belum berhasil, mungkin perlu dilakukan operasi untuk mengatasi GERD. Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, mungkin perlu diberikan dosis obat untuk jangka panjang.
Komplikasi Akibat Asam Lambung atau GERD 
komplikasi asam lambung yang paling sering terjadi adalah esofagitis. Esofagitis adalah peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Pada kasus esofagitis yang parah, penderita akan kesulitan menelan karena munculnya tukak. Tukak terbentuk ketika lapisan dinding esofagus tererosi sehingga menjadi luka. Pada kasus yang lebih parah lagi, bisa terjadi kanker esofagus.
gejala asam lambung atau GERD
Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung:
Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.
Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk.Kesulitan menelan.
Selain gejala yang umum di atas, terdapat beberapa gejala lain yang mungkin dialami karena asam lambung yang naik. Gejalanya antara lain:
1.Merasa seakan-akan ada benjolan di kerongkongan saat menelan.
2.laringitis atau peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau.
3.batuk keritanpa henti, terutama di malam hari.
4.Sakit dada.
5.Gigi menjadi rusak.
6.Bau napas tidak sedap.
7.Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.
8.Penyakit asam lambung ringan yang terjadi satu atau dua kali dalam sebulan biasanya tidak memerlukan intervensi medis. Ini bisa diatasi dengan mengubah menu makanan dan juga membeli obat di apotek ketika gejalanya muncul. Untuk gejala yang lebih parah dan sering terjadi, sebaiknya menemui dokter dan tanyakan tentang obat atau penanganan yang lebih tepat. Konsumsilah obat sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang dianjurkan.
Berikut tips untuk mencegah sakit asam lambung supaya tidak kambuh.
1. Menerapkan pola makan yang teratur. Pola makan teratur merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga gaya hidup sehat karena dengan menerapkan pola makan teratur maka pencernaan akan bekerja dengan baik dan maksimal.
2. Membiasakan mulut untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali sehingga makanan sudah benar-benar lembut ketika masuk ke lambung, hal ini sangat penting jika lambung tidak terbiasa dengan makanan-makanan yang memiliki tekstur yang keras maka diusahakan untuk mengunyah makanan agar lebih lembut.
3. Menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu penyakit maag. Mencegah lebih baik daripada mengobati maka dari itu dalam mengkonsumsi makanan pun haruslah hati-hati karena ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan jika asam lambung ini meningkat, maka dari itu menjaga asupan makanan yang memiliki gizi seimbang sangat dianjurkan namun tetap harus bisa memilah dan memilih.
4. Mengkonsumsi susu kedelai baik untuk lambung. Susu juga merupakan makanan yang baik untuk menetralisir asam lambung yang tinggi karena kandungan kalsium yang tinggi yang berguna sebagai antasida.
5. Hindari stress. Stress menjadi salahsatu pemicu naiknya asam lambung oleh karena itu stress harus dihindari karena bagaimanapun juga stress tidak hanya mengganggu pikiran namun juga fungsi tubuh yang lainnya.
6. Hindari rokok. Rokok sebenarnya tidak hanya merusak paru-paru tetapi juga dapat merusak organ-organ tubuh lainnya salahsatunya lambung, maka dari itu untuk menghindari penyakit dalam organ tubuh menjadi lebih parah hindari rokok.
nahh itu dia artikel tentang asam lambung , banyak sekali obat sakit asam lambung tapi Hydro C insya allah yang terbaik.

Share:

0 komentar:

Poskan Komentar